Cabang dan Macam-macam Olahraga Atletik

Atletik adalah kelompok atau cabang olahraga yang memperlombakan nomor-nomor jalan, lari, lompat dan lempar. Istilah atletik yang kita kenal berasal dari bahasa Yunani, yaitu athlon yang berarti berlomba atau bertanding.

Atletik ini sering diperlombakan di setiap event olahraga seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dll. Bicara soal salah satu cabang olahraga atletik ini, tidak hanya sekadar cabang lari yang diperlombakan.

Cabang dan Macam-macam Olahraga Atletik

Jika ditotal, ada puluhan cabang olahraga atletik yang biasa dipertandingkan di setiap ajang olahraga mulai dari SEA Games hingga Olimpiade. Namun secara umum, berikut ini cabang-cabang olahraga atletik yang dianggap populer.

Macam-Macam Atletik Beserta Penjelasan Lengkapnya

Macam-Macam Atletik Beserta Penjelasan Lengkapnya

  • Tolak Peluru

Tolak peluru adalah salah satu nomor yang terdapat dalam nomor lempar pada cabang atletik yang berbentuk gerakan menolak atau mendorong suatu peluru yang terbuat dari logam yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Perlombaan tolak peluru sendiri telah dikenal sejak lama sebelum menjadi bagian dari cabang olahraga atletik di era modern. Sebelum berkembang seperti sekarang, tolak peluru diperkirakan berasal dari tradisi budaya Celtic di dataran tinggi Skotlandia yang awalanya menggunakan batu. Bukti pertama dari awalnya adu kekuatan dengan melempar batu berasal dari sebuah catatan pada abad ke-13.

  • Jalan Cepat

Jalan cepat atau race walking berbeda dengan lari, di mana salah satu atau kedua kaki harus selalu menyentuh tanah. Perlombaan umumnya dilakukan di jalur jalan raya dan terbagi dalam dua jarak, yakni jalan cepat 20 km dan jalan cepat 50 km.

  • Lompat Tinggi

Cabang olahraga atletik lompat tinggi yang sudah sering dipertandingkan dalam event-event olahraga dunia. Sesuai dengan namanya, pada cabang olahraga atletik ini, atlet lompat tinggi harus melompati palang tinggi dan harus berhasil mendarat dengan sempurna.

Dikutip dari situs World Athletics, olahraga lompat tinggi mulai meraih popularitasnya pada abad ke-19, sejak diadakannya kompetisi lompat tinggi di Skotlandia. Di Tanah Air, lompat tinggi merupakan olahraga yang berada dibawah naungan organisasi PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

  • Panahan

Macam-macam atletik berikutnya ialah panahan. Sebuah olahraga yang dilakukan dengan menarik anak panah menggunakan busur panah untuk diarahkan pada lintasan berbentuk lingkaran yang telah ditentukan jaraknya.

Olahraga ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan akurasi yang tepat. Dibarengi dengan tenaga yang kuat, sehingga panah bisa tertancap pada posisi yang tepat sasaran.

  • Lari Estafet

Lari estafet dilakukan secara bergantian dengan menyambungkan tongkat oleh empat orang atlet yang berbeda.

  • Lempar Cakram

Lempar Cakram adalah salah satu cabang olahraga (cabor) atletik dengan nomor lempar. Lempar cakram mendapatkan popularitas di dunia Barat pada masa awal perkembangannya. Sementara itu, lempar cakram dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia.

  • Lempar Lembing

Cabang olahraga atletik yang berikutnya adalah lempar lembing, lempar lembing ini diukur dari jarak lemparan lembing terjauh setiap atlet yang ada. olah raga ini biasanya ada di setiap olimpiade besar di dunia.

Comments are closed.